PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA LAGU PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 1 BANDUNG

Khaerunisa, Kamiliya, 195030014 (2023) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA LAGU PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis peserta didik. Hal ini disebabkan oleh kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan kreatif dapat membuat peserta didik lebih aktif dan termotivasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Salah satu metode kreatif yang dapat digunakan yakni metode experiential learning. Tujuan dilaksanakan penelitian ini yakni untuk menguji kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode experiential learning pada peserta didik kelas X SMK Pasundan 1 Bandung; untuk menguji kemampuan peserta didik kelas X SMK Pasundan 1 Bandung dalam menulis puisi sesuai dengan unsur pembangunnya; untuk mengetahui perbedaan menulis puisi antara peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode experiential learning dengan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi; dan untuk menguji keefektifan metode experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMK Pasundan 1 Bandung. Dalam pelaksanaannya penulis menggunakan metode kuantitatif. Data yang diperoleh berupa pretes dan postes peserta didik baik dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Adapun data hasil penelitian ini: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis puisi menggunakan metode experiential learning dengan rata-rata nilai perencanaan 3,7, dan rata-rata nilai pelaksanaan 4 termasuk pada kategori sangat baik. 2) Kemampuan peserta didik dalam menulis puisi mengalami peningkatan. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretes sebesar 57 menjadi postes sebesar 77. Pada kelas kontrol mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretes sebesar 36 menjadi postes sebesar 55. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 4) Metode pembelajaran experiential learning efektif digunakan dalam menulis puisi. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian mann-whitney yang mengungkapkan hasil sig. 0,000 < 0,05. Berdasarkan pemaparan di atas maka metode experiential learning dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam menulis teks puisi. Kata Kunci: metode pembelajaran, experiential learning, menulis, puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:58
Last Modified: 18 Sep 2023 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65105

Actions (login required)

View Item View Item