PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN BERFOKUS PADA STRUKTUR TEKS MENGGUNAKAN METODE THINK-PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA VIDEOSCRIBE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 BALEENDAH

RAHMATILLAH, ADINDA NISA (2023) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN BERFOKUS PADA STRUKTUR TEKS MENGGUNAKAN METODE THINK-PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA VIDEOSCRIBE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 BALEENDAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks ulasan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kreativitas pendidik dalam menggunakan metode pembelajaran. Penggunaan metode yang diterapkan secara tepat kepada peserta didik akan membuat peserta didik lebih termotivasi dalam pembelajaran di dalam kelas, yaitu think-pair share. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks ulasan berfokus pada struktur teks berbantuan media videoscribe; untuk menguji kemampuan peserta didik sebelum menggunakan metode think-pair share dalam pembelajaran menulis teks ulasan yang berfokuskan pada struktur teks berbantuan media videoscribe; untuk menguji kemampuan peserta didik setelah menggunakan metode think-pair share dalam pembelajaran menulis teks ulasan yang berfokuskan pada struktur teks berbantuan media videoscribe; dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks ulasan berfokus pada struktur teks sebelum dan sesudah diterapkannya metode think-pair share berbantuan media videoscribe di kelas eksperimen dan kontrol yang menggunakan metode student-teams achievement divisions. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks ulasan berfokus pada struktur teks berbantuan media videoscribe dengan rata-rata nilai perencanaan 3,8 dan rata-rata nilai pelaksanaan 3,4; kemampuan peserta didik sebelum menggunakan metode think-pair share dalam pembelajaran menulis teks ulasan berbantuan media videoscribe yang memiliki nilai pretest pada kelas eksperimen yaitu 6 dan pretest kelas kontrol yaitu 0; kemampuan peserta didik setelah menggunakan metode think-pair share dalam pembelajaran menulis teks ulasan berbantuan media videoscribe yang memiliki nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 100 dan posttest kelas kontrol yaitu 82; terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol yang didukung oleh hasil Uji Mann Whitney-U dengan nilai Asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,017 < 0,05. Kesimpulannya pembelajaran menulis teks ulasan berfokus pada struktur teks menggunakan metode think-pair share berbantuan media videoscribe pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Baleendah berhasil meningkatkan hasil pembelajaran. Kata Kunci : menulis, teks ulasan, metode think-pair share, media videoscribe.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Sep 2023 02:58
Last Modified: 16 Sep 2023 02:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65096

Actions (login required)

View Item View Item