PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Survei Pada Siswa Kelas XI-IPS SMA Plus Assalaam Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

Gustari, Zetira Dwi, 195020046 (2023) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Survei Pada Siswa Kelas XI-IPS SMA Plus Assalaam Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui : (i) Apakah terdapat pengaruh status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Plus Assalaam, (ii) Apakah terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Plus Assalaam, (iii) Seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Plus Assalaam. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan : (i) Terdapat pengaruh X1 terhadap Y yang signifikan, besaran pengaruh yaitu sebanyak 0,0023% pada SE dan sebesar 0,00116% pada SR, (ii) Terdapat pengaruh X2 terhadap Y yang signifikan, besaran pengaruh yaitu sebanyak 1,9877% pada SE dan 0,99884% pada SR, (iii) Besarnya krontribusi yang diberikan X1 dan X2 adalah sebesar 0,020 atau sama dengan 2%. Berdasarkan penelitian ini terdapat pengaruh sebesar 2% yang artinya sebesar 98% dipengaruhi oleh variabel lain. Saran dari penulis: (i) bagi siswa, dapat mengetahui seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi dah pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar, (ii) bagi orang tua, dapat membantu membimbing anak dalam perkembangan pendidikan, (iii) bagi sekolah, dapat mempertimbangkan dalam meningkatkan prestasi belajar, (iv) bagi pihak lain, dapat memberikan informasi kepada masyarakat faktor yang mempengaruhi prestasi belajar serta dapat menemukan variabel lain yang mempengaruhinya. Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi, Pola Asuh Orang Tua, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Sep 2023 01:16
Last Modified: 16 Sep 2023 01:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65094

Actions (login required)

View Item View Item