Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Hubungan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei Hotel Berbintang di Bandung Raya)

Jannah, Annita (2023) Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Hubungan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei Hotel Berbintang di Bandung Raya). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Annita 209010096.docx

Download (398kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang ada dimana kepuasan pelanggan belum optimal sehingga loyalitas pelanggan pada pada saat ini belum optimal. Adapun yang menjadi faktor utama relationship marketing, kualitas pelayanan dan kualitas hubungan belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh relationship marketing, kualitas pelayanan dan kualitas hubungan terhadap kepuasan pelanggan serta implikasinya pada loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif, metode penelitian yang digunakan descriptive survey dan explanatory survey. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah penyelenggara MICE sebanyak 210 responden. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara positif dan signifikan relationship marketing, kualitas pelayanan dan kualitas hubungan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kata Kunci: Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Hubungan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:55
Last Modified: 15 Sep 2023 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65085

Actions (login required)

View Item View Item