PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 163 BUAHBATU BARU (Penelitian Kuasi Eksperimen)

PUTRI, YULIANTI SUMARNA, 195060145 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 163 BUAHBATU BARU (Penelitian Kuasi Eksperimen). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan di lapangan mengenai rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 163 Buahbatu Baru. Hal ini dikarenakan kurangnya inovasi guru dalam menggunakan media pembelajaran, serta kurang efektifnya penggunaan media yang digunakan sebagai alat evaluasi penilaian. Sehingga mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan. Sangat pentingnya media pembelajaran dalam proses KBM sehingga peneliti memandang penting media pembelajaran, salah satunya media pembelajaran Wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui besar pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 163 Buahbatu Baru yang berjumlah 58 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dan kelas V B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes yaitu dengan instrumen tes objektif (pilihan ganda) sebanyak 25 soal dan observasi. Teknik pengolah data dilakukan dengan uji descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji independent sample t test, dan uji Effect Size yang dibantu dengan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan menggunakan uji-t dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 163 Buahbatu Baru sebesar 1,84 berkategori memiliki efek yang tinggi. Kata Kunci: Media Pembelajaran Wordwall, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:19
Last Modified: 14 Sep 2023 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65075

Actions (login required)

View Item View Item