PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIPPED BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 160 SUKALAKSANA BANDUNG

PITRIYANI, INA, 195060046 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIPPED BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 160 SUKALAKSANA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukalaksana Bandung. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru, guru masih belum memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik, ditambah lagi banyak siswa yang masih kurang aktif dan kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti memfokuskan penelitian mengenai penggunaan media Flipped Book.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media Flipped Book terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sukalaksana Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media Flipped Book dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media Canva. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis Independent sample t-test, dan Effect Size yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran Flipped Book terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan menggunakan uji T dengan nilai 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media Flipped Book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukalaksana Bandung sebesar 2,59 yang berkategori efek kuat. Kata Kunci: Media Pembelajaran Flipped Book, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:36
Last Modified: 14 Sep 2023 01:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65074

Actions (login required)

View Item View Item