PITRIYANI, INA, 195060046 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIPPED BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 160 SUKALAKSANA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukalaksana Bandung. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru, guru masih belum memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik, ditambah lagi banyak siswa yang masih kurang aktif dan kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti memfokuskan penelitian mengenai penggunaan media Flipped Book.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media Flipped Book terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sukalaksana Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media Flipped Book dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media Canva. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis Independent sample t-test, dan Effect Size yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran Flipped Book terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan menggunakan uji T dengan nilai 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media Flipped Book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukalaksana Bandung sebesar 2,59 yang berkategori efek kuat. Kata Kunci: Media Pembelajaran Flipped Book, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 01:36 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 01:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65074 |
Actions (login required)
View Item |