Septiana, Alya Safitri (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN GEKBRONG 1 KABUPATEN CIANJUR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (618kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini terdapat permasalahan mengenai media pembelajaran, media pembelajaran merupakan wahana dan penyampaian informasi atau pesan pembelajaran pada siswa. Dengan adanya media pada proses pembelajaran, diharapkan dapat memudahkan guru dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran articulate storyline terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive dengan siswa sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dan instrumen pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Adapun tes yang dilakukan menggunakan beberapa uji. Berdasarkan data dan hasil penelitian yang dilakukan tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran articulate storline terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji normalitas dengan hasil nilai signifikansi lebih besar dari 0,05, uji homogenitas dengan hasil nilai signifikansinya lebih besar dari 0,05 uji independent sample t test dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, uji effect size dengan hasil 5,45 dan uji paired sample t test dengan hasil nilai siginifikan <0,000 jika nilai signifikan <0,05. Kesimpulan dari penggunaan media pembelajaran berupa articulate storyline memiliki dampak positif terhadap proses pembelajaran dan memungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif.terhadap implementasi media pembelajaran ini dalam konteks pendidikan. Kata kunci: Media pembelajaran, articulate storyline, hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 08:30 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 08:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65070 |
Actions (login required)
View Item |