PENGARUH MEDIA ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN GEKBRONG 1 KEC.GEKBRONG KABUPATEN.CIANJUR (Penelitian Kuasi Eksperimen)

MAHARANI, ERSA AFRIZA (2023) PENGARUH MEDIA ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN GEKBRONG 1 KEC.GEKBRONG KABUPATEN.CIANJUR (Penelitian Kuasi Eksperimen). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER CEPAN.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
13. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kurang aktif dan kurang bersemangat saat mengikuti proses pembelajaran berlangsung dengan itu menyebabkan hasil belajar peserta didik masih rendah sehingga belum mencapai kriteria kemampuan maksimal sesuai dengan ketentuan disekolah, maka dari itu guru harus mampu menggunakan media pembelajaran yang inovatif untuk menunjang pembelajaran yang lebih menarik dan efektif agar peserta didik antusias untuk mengikuti pembelajaran. Animaker merupakan sebuah software berbentuk video Animasi di dalamnya bisa membuat video inovatif dan menarik, animaker digunakan untuk membuat video pembelajaran, presentasi dan lainnya, Media Animaker terdapat perangkat yang bisa dipakai untuk mempercantik video. Pada penelitian ini media yang digunakan yaitu Media Animaker yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menonton dan menyimak video yang ditayangkan sehingga materi yang disampaikan akan berpengaruh kepada pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Eksperiment. Data yang dikumpulkan dengan Teknik observasi, pretest dan posttest. Responden dalam penelitian ini sebanyak 25 peserta didik. hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dapat menunjukan hasil yang siginiifikan dengan nilai Signifikan (2_tailed) sebersar .000 < 0,05 maka sesuai dengan aturan pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Serta dapat dilihat dari hasil perhitungan uji effect size nilai yang diperoleh sebesar 6,74>1.00. Dengan itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Media Animaker terhadap hasil Belajar siswa Kelas IV SDN Gekbrong 1 Kec. Gekbrong Kabupaten Cianjur. Kata Kunci : Hasil belajar, Media Animaker,IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:26
Last Modified: 13 Sep 2023 08:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65069

Actions (login required)

View Item View Item