MAHARANI, ERSA AFRIZA (2023) PENGARUH MEDIA ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN GEKBRONG 1 KEC.GEKBRONG KABUPATEN.CIANJUR (Penelitian Kuasi Eksperimen). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER CEPAN.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (297kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
|
Text
13. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kurang aktif dan kurang bersemangat saat mengikuti proses pembelajaran berlangsung dengan itu menyebabkan hasil belajar peserta didik masih rendah sehingga belum mencapai kriteria kemampuan maksimal sesuai dengan ketentuan disekolah, maka dari itu guru harus mampu menggunakan media pembelajaran yang inovatif untuk menunjang pembelajaran yang lebih menarik dan efektif agar peserta didik antusias untuk mengikuti pembelajaran. Animaker merupakan sebuah software berbentuk video Animasi di dalamnya bisa membuat video inovatif dan menarik, animaker digunakan untuk membuat video pembelajaran, presentasi dan lainnya, Media Animaker terdapat perangkat yang bisa dipakai untuk mempercantik video. Pada penelitian ini media yang digunakan yaitu Media Animaker yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menonton dan menyimak video yang ditayangkan sehingga materi yang disampaikan akan berpengaruh kepada pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Eksperiment. Data yang dikumpulkan dengan Teknik observasi, pretest dan posttest. Responden dalam penelitian ini sebanyak 25 peserta didik. hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dapat menunjukan hasil yang siginiifikan dengan nilai Signifikan (2_tailed) sebersar .000 < 0,05 maka sesuai dengan aturan pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Serta dapat dilihat dari hasil perhitungan uji effect size nilai yang diperoleh sebesar 6,74>1.00. Dengan itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Media Animaker terhadap hasil Belajar siswa Kelas IV SDN Gekbrong 1 Kec. Gekbrong Kabupaten Cianjur. Kata Kunci : Hasil belajar, Media Animaker,IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 08:26 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 08:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65069 |
Actions (login required)
View Item |