PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD

Shalihah, Nada (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER DEPAN.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (762kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di SDN Lamajang 03 dikarenakan inovasi dalam model pembelajaran dan media pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran dengan salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match serta media pembelajaran media audiovisual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media audiovisual. Metode penelitian ini menggunakan teknik kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Tes yang digunakan menggunakan pretest dan postest yang dijadikan sebagai data hasil belajar peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model kooperatif tipe make a match berbantuan media audiovisual dan kelas V-B sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent, dan uji effect size yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 22. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model model kooperatif tipe make a match berbantuan media audiovisual. Terdapat pengaruh besar dalam penggunaan model kooperatif tipe make a match berbantuan media audiovisual dengan nilai 0,72 dalam uji effect size dan signifikan sebesar 0,016 melalui uji independent sample t test. Kata Kunci : Model Kooperatif tipe Make a Match, Media Audiovisual, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:22
Last Modified: 13 Sep 2023 08:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65068

Actions (login required)

View Item View Item