IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Survei pada Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 5 Kota Bandung)

Sopyanti, Rifa Wahidah, 185010042 (2023) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Survei pada Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 5 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya implementasi teori belajar kontruktivisme dalam meningkatkan self confidence peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Percaya diri adalah suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimiliki seseorang dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai tujuan dalam hidupnya. Pada beberapa kasus, seringkali ditemukan hal yang menunjukkan kurangnya rasa percaya diri peserta didik. Permasalahan tentang rendahnya tingkat kepercayaan diri tersebut, dapat kita temui dalam kegiatan pembelajaran di kelas terutama ketika proses pembelajaran berlangsung yang nantinya akan berdampak buruk terhadap peserta didik. Salah satu dampak buruk yang kemungkinan bisa terjadi yaitu peserta didik yang menyontek ketika ujian berlangsung. Entah itu ujian kelulusan ataupun ujian kenaikan semester. Hal tersebut menunjukkan rasa tidak percaya diri peserta didik terhadap kemampuannya sehingga lebih menggantungkan rasa percayanya kepada orang lain. Implementasi teori belajar kontruktivisme diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan self confidence peserta didik, mengingat bahwa teori belajar kontruktivisme memiliki tujuan untuk membangun kemampuan dan pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam penelitian kali ini peneliti melakukan survei dengan menggunakan metode kuantitatif dan melakukan pengumpulan data dengan cara membagikan kuisioner yang terdiri dari beberapa pernyataan untuk peserta didik juga melakukan wawancara. Untuk pengolahan data kuisioner, peneliti menggunakan aplikasi SPSS 25 for windows. Sampel yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu peserta didik kelas XI TKJ 2 dan 3 SMK Negeri 5 Bandung dan 1 guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kata Kunci : Teori Belajar Kontruktivisme, Self Confidence, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:30
Last Modified: 13 Sep 2023 04:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65063

Actions (login required)

View Item View Item