PERSEPSI MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK PEMBELAJARAN MICRO TEACHING SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Survei Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 FKIP Unpas)

LUKMANA, AGUNG (2023) PERSEPSI MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK PEMBELAJARAN MICRO TEACHING SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Survei Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 FKIP Unpas). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) bagaimana persepsi mahasiwa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas angkatan 2019 mengenai pelaksanaan praktik pembelajaran micro teaching (ii) bagaimana minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas angkatan 2019 untuk menjadi guru (iii) apakah terdapat pengaruh persepsi mahasiswa dalam praktik pembelajaran micro teaching terhadap minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas Angkatan 2019 untuk menjadi guru. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif metode survey dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan populasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas yang mengikuti micro teaching sejumlah 48 mahasiswa.. Hasil penelitian menunjukan rekapilutasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai persepsi mahasiswa dalam melaksanakan prakrik pembelajaran micro teaching masuk dalam kategori “baik” dengan nilai sebesar 3,93 dan minat mahasiswa menjadi guru dalam kategori “baik” dengan nilai sebesar 3,87. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menggunakan chi square diperoleh sign.Pearson ChiSquare bernilai 0,003 yang artinya hipotesis dalam penelitian ini terbukti “terdapat pengaruh antara persepsi mahasiswa pada praktik pembelajaran micro teaching dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Program Stuudi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas”. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait (i) bagi UPT PPL FKIP Unpas, baiknya durasi tersebut diperpanjang agar mahasiswa yang sedang melaksanakan praktik bisa leluasa dalam melaksanakan praktik mengajar (ii) Dosen pembimbing micro teaching diharapkan bisa menegakan segala aturan yang telah dibuat oleh UPT PPL FKIP UNPAS., (iii) mahasiswa, membiasakan diri untuk memberikan perhatian lebih pada profesi guru, (iv) bagi peneliti selanjutnya, dapat digunakan sebagai referensi dalam melakukan penelitian berikutnya. Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa Dalam Melaksanakan Praktik Pembelajaran Micro teaching, Minat Menjadi Guru

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:21
Last Modified: 12 Sep 2023 07:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65058

Actions (login required)

View Item View Item