PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V SD Negeri 1 Langensari Kab. Bandung Barat)

NAGARA, LUSIANA PUSPITA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V SD Negeri 1 Langensari Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh stategi pembelajaran yang kurang tepat terlalu teacher center, kurangnya konsentrasi peserta didik dalam belajar, penggunaan media yang kurang maksimal dalam penyampaian materi pembelajaran, tidak semua peserta didik memperhatikan penjelasan guru karena kurangnya menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran sebagai alat untuk menghindari kebosanan peserta didik dan bisa menarik minat peserta didik belajar, kurangnya motivasi dan pendekatan bermain karena bermain adalah dunia anak oleh karena itu dibuktikan dengan rendah nya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan hasil belajar IPS antara kelas konvensional dengan kelas yang diberikan perlakuan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Langensari yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 50 peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah menggunakan tes. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masingmasing kelas sampel penelitian dengan soal yang sama. Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis data dan menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji Independent Samples Test dengan bantuan aplikasi SPSS 26, didapat hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dilakukan pula uji effect size didapati hasil sebesar 3,09 dengan interpretasi dalam kategori kuat, untuk peningkatan hasil belajar berpengaruh kuat dan dari data nGain sebesar 0,70 atau 70% dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol peningkatannya sebesar 0,31 atau 31% dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran discovery Learning berbantuan aplikasi Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, IPS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:32
Last Modified: 12 Sep 2023 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65055

Actions (login required)

View Item View Item