ANALISIS SIKAP NASIONALISME GENERASI MUDA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK (Penelitian Fenomenologi Pada Remaja Karang Taruna RW 11 Desa Hegarmanah Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung)

Lathifah, Emma Wardah Nur (2023) ANALISIS SIKAP NASIONALISME GENERASI MUDA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK (Penelitian Fenomenologi Pada Remaja Karang Taruna RW 11 Desa Hegarmanah Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan sikap nasionalisme pada masyarakat Indonesia khususnya didalam diri generasi muda. Serta munculnya berbagai macam media platform digital yang semakin marak dikalangan masyarakat terutama dikalangan generasi muda. Salah satunya yaitu aplikasi TikTok yang dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi para penggunanya melalui konten yang ditayangkan di aplikasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap nasionalisme pada generasi muda karang taruna RW 11 di desa Hegarmanah, terutama dalam penggunaan aplikasi TikTok. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Anggota karang taruna RW 11 di Desa Hegarmanah merupakan pengguna aktif aplikasi TikTok yang sudah sangat mengenal berbagai macam fitur yang ada didalam aplikasi TikTok; (2) Kegiatan peduli sosial yang dilakukan oleh para konten creator melalui galang dana serta adanya fitur TikTok shop yang menyediakan berbagai macam produk dalam negeri serta harga yang reltif terjangkau merupakan salah satu indikator adanya peningkatan sikap nasionalisme melalui aplikasi TikTok; (3) Masih maraknya berita bohong yang disebarluaskan melalui aplikasi TikTok dan besarnya pengaruh budaya asing serta terdapat beberapa konten yang tidak sepantasnya ditayangkan di aplikasi TikTok menjadi kendala terbentuknya sikap nasionalisme pada generasi muda; (4) Upaya dalam mengatasi kendala atau hambatan tersebut yakni dengan selalu mengecek kembali berbagai macam informasi yang telah didapatkan dari aplikasi TikTok serta memilih dan memilah informasi yang didapatkan, selain itu diperlukan adanya peningkatan rasa cinta kepada budaya asli Indonesia yang sesuai dengan normanorma yang berlaku di lingkungan masyarakan agar tidak mudah terpengaruh oleh dampak budaya asing. Kata Kunci: Sikap nasionalisme, TikTok, Generasi muda.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:26
Last Modified: 11 Sep 2023 08:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65050

Actions (login required)

View Item View Item