PENGGUNAAN MULTIMEDIA YANG DIKEMBANGKAN DENGAN POWERPOINT INTERAKTIF SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI

TRICIA NOVITA, 195040062 (2023) PENGGUNAAN MULTIMEDIA YANG DIKEMBANGKAN DENGAN POWERPOINT INTERAKTIF SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KAVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (861kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BA IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kesulitan peserta didik mengembangkan kemampuan analisis dalam penguasaan pokok materi sistem koordinasi dalam konteks pembelajaran biologi. Kemampuan analisis pada peserta didik memberikan pengembangan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia yang dikembangkan dengan powerpoint interaktif sebagai komponen TPACK untuk meningkatkan kemampuan analisis pesserta didik. Metode penelitian ini yaitu pre-eksperimen berbentuk one group pretest-postest. Populasi peserta didik Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Ciasem. Sample yang digunakan pada kelas XI MIA 3 yang berjumlah 33 orang dengan teknik sampling Purposive. Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan multimedia yang dikembangkan dengan powerpoint interaktif sebagai bagian dari TPACK, peserta didik kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 1 Ciasem mengalami peningkatan kemampuan analisis pada pembelajaran sistem koordinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan penggunaan multimedia yang dikembangkan powerpoint interaktif sebagai komponen TPACK pada materi sistem koordinasi dapat meningkatan kemampuan analisis peserta didik dengan Nilai Gain rata-rata 12,73 dan N-Gain yang dominasi sedang. Bedasarkan hasil kesimpulan bahwa saran untuk peneliti selanjutnya Sangat penting untuk mempersiapkan Multimedia interaktif dengan jangka waktu yang lama agar dalam pembuatan tidak terburu-buru dan hasil yang didapat lebih maksimal. Dengan demikian, Multimedia interaktif akan lebih siapuntuk mempelajaran. Kata kunci : Kemampuan analisis, TPACK, Powerpoint interaktif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:55
Last Modified: 11 Sep 2023 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65044

Actions (login required)

View Item View Item