TRICIA NOVITA, 195040062 (2023) PENGGUNAAN MULTIMEDIA YANG DIKEMBANGKAN DENGAN POWERPOINT INTERAKTIF SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
KAVER.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (861kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
||
Text
BA IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Kesulitan peserta didik mengembangkan kemampuan analisis dalam penguasaan pokok materi sistem koordinasi dalam konteks pembelajaran biologi. Kemampuan analisis pada peserta didik memberikan pengembangan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia yang dikembangkan dengan powerpoint interaktif sebagai komponen TPACK untuk meningkatkan kemampuan analisis pesserta didik. Metode penelitian ini yaitu pre-eksperimen berbentuk one group pretest-postest. Populasi peserta didik Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Ciasem. Sample yang digunakan pada kelas XI MIA 3 yang berjumlah 33 orang dengan teknik sampling Purposive. Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan multimedia yang dikembangkan dengan powerpoint interaktif sebagai bagian dari TPACK, peserta didik kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 1 Ciasem mengalami peningkatan kemampuan analisis pada pembelajaran sistem koordinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan penggunaan multimedia yang dikembangkan powerpoint interaktif sebagai komponen TPACK pada materi sistem koordinasi dapat meningkatan kemampuan analisis peserta didik dengan Nilai Gain rata-rata 12,73 dan N-Gain yang dominasi sedang. Bedasarkan hasil kesimpulan bahwa saran untuk peneliti selanjutnya Sangat penting untuk mempersiapkan Multimedia interaktif dengan jangka waktu yang lama agar dalam pembuatan tidak terburu-buru dan hasil yang didapat lebih maksimal. Dengan demikian, Multimedia interaktif akan lebih siapuntuk mempelajaran. Kata kunci : Kemampuan analisis, TPACK, Powerpoint interaktif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 06:55 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 06:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65044 |
Actions (login required)
View Item |