PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TALEGONG KABUPATEN GARUT

MUTIA, ANGGIA DWI, 195060031 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TALEGONG KABUPATEN GARUT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas tinggi Sekolah Dasar di Kecamatan Talegong Kabupaten Garut. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebagian sekolah dasar di Kecamatan Talegong. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas tinggi, siswa kelas IV dan V sekolah dasar yang berada di Kecamatan Talegong Kabupaten Garut. Terdapat 22 sekolah dasar negeri, sebanyak 66 guru yang mengajar di kelas tinggi dan 62 siswa kelas IV dan V dari salah satu sekolah yang berada di Kecamatan Talegong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan angket dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: Melalui uji Normalitas bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0.181>0,05 data kemampuan berpikir kritis siswa di kelas tinggi Sekolah Dasar dapat dianggap mengikuti distribusi normal. Terdapat pula variasi kemampuan berpikir kritis diantara sekolah-sekolah yang diamati. SDN 3 Mekarwangi memiliki nilai tertinggi dengan 156, menunjukkan bahwa siswa di sekolah ini memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih unggul. Di sisi lain, SDN 4 Sukalaksana memiliki nilai terendah dengan 94, menandakan adanya potensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di sekolah-sekolah tersebut. Oleh karena itu, model pembelajaran discovery learning ini dapat diimplemantasikan oleh para guru dan para praktisioner sekolah dasar lainnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas tinggi. Kata kunci: Discovery Learning, Kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:05
Last Modified: 11 Sep 2023 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65036

Actions (login required)

View Item View Item