PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA 2 SMA Pasundan 8 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

FAJAR R, M. MUHAMAD, 195020077 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA 2 SMA Pasundan 8 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Pengesahan PB.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Pengesahan Penguji.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Daftar isi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB III.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
13 Daftar Pustaka.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa di SMA Pasundan 8 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung, tahun ajaran 2022/2023, terdiri dari kelas X MIPA 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, serta dokumentasi untuk menjawab permasalah tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu penggunaan model pembelajaran Discovery Learning (X) dan variabel dependen (terikat) yaitu hasil belajar siswa (Y). Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dimana hasil posttest yaitu 85,8. Sedangkan hasil belajar pretest yaitu 74.7. Meningkatnya hasil belajar siswa dengan Pengujian hipotesis (Uji-t) post-test dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 atau 5% yang artinya hipotesis yang berbunyi model pembelajaran Discovery Learning (X) pada mata pelajaran ekonomi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas X tahun ajaran 2022/2023 di SMA Pasundan 8 Bandung. Kedepannya model pembelajaran ini menjadi salah satu pilihan dalam melakukan pembelajaran yang efektif supaya tujuan pembelajaran tercapai. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:58
Last Modified: 11 Sep 2023 02:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65035

Actions (login required)

View Item View Item