PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI KOMPONEN TPACK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

MULYANI, PIPIT SRI, 195040095 (2023) PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI KOMPONEN TPACK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik salah satunya disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, seperti media pembelajaran yang belum mampu merepresentasikan materi menjadi lebih mudah sehingga tingkat pemahaman cenderung rendah, salah satu media yang dapat digunakan yaitu dengan mengintegrasikan materi ke dalam teknologi berupa multimedia interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan multimedia interaktif sebagai komponen TPACK dalam meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunaan metode pre-experimental dengan desain one-grup pretest-posstest, sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 2 yang diambil secara purposive dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang, dan instrumen yang digunakan berupa lembar soal berkategori berpikir ktitis dan lembar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan N-gain didominasi dengan kategori peningkatan tinggi (50% peserta didik) (0,7≤ N-gain ≤1,00) sehingga menunjukan peningkatan berpikir kritis berkategori tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penggunaan multimedia interaktif sebagai komponen TPACK dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi. Kata kunci : multimedia interaktif, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:47
Last Modified: 08 Sep 2023 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65017

Actions (login required)

View Item View Item