PERBEDAAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN ROUND TABLE (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

NURATIAH, HETI (2023) PERBEDAAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN ROUND TABLE (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR ISI .pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perbedaan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan teknik pembelajaran think pair share (tps) dan round table pada peserta didik SMA Negeri 18 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-7 sebagai kelas eksperimen menggunakan teknik pembelajaran think pair share dan kelas XI-9 sebagai kelas eksperimen menggunakan teknik pembelajaran round table. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, pretest dan posttest untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan ditemukan perbedaan kemampuan tingkat berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi menggunakan teknik pembelajaran think pair share dan round table dimana hasil penerapan teknik pembelajaran think pair share memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,8111 yang disebut juga nilai rata-rata (mean) untuk kemampuan tingkat berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen (TPS) yang dapat diklasifikasikan (g) ≥ 0,07. Sehingga dapat diartikan bahwa model pembelajaran kooperatif think pair share ini cukup tinggi untuk meningkatkan kemampuan tingkat berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI -7 di SMA Negeri 18 Bandung. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,01 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan teknik pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan teknik pembelajaran kooperatif tipe round table berdasarkan hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen (Tps) dan kelas ekperimen (Rt). Kata kunci: Think Pair share, Round Table, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:01
Last Modified: 08 Sep 2023 04:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65010

Actions (login required)

View Item View Item