PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Survei pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pasundan Tahun Akademik 2022/2023)

SETIAWATI, KANIA APRILIA, 195020034 (2023) PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Survei pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pasundan Tahun Akademik 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (510kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) pengaruh persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru (ii) pengaruh efikasi diri terhadap minat menjadi guru (iii) pengaruh persepsi profesi guru dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pasundan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan jumlah sampel sebanyak 151 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) tingkat persepsi profesi guru berada pada kategori “Baik” berpengaruh sebesar 3,58 dengan interval 3,41 – 4,20 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 7,9% terhadap minat menjadi guru (ii) efikasi diri berada dalam kategori “Baik” berpengaruh sebesar 3,58 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 62,4% terhadap minat menjadi guru (iii) hasil perhitungan R square sebesar 0,703, persepsi profesi guru dan efikasi diri secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pasundan sebesar 7,9% dan 62,4%, secara simultan kontribusi berpengaruh sebesar 70,3% terhadap minat menjadi guru. Sebagai akhir penelitian peneliti menyampaikan saran: (i) bagi mahasiswa diharapkan untuk memiliki perspektif mengajar yang lebih positif dan harus percaya diri dengan bakat yang dimiliki, (ii) bagi prodi diharapkan dapat merekomendasikan dan mendukung beberapa kegiatan mengenai kependidikan (iii) bagi fakultas diharapkan agar memberikan mahasiswa pemahaman yang lebih baik tentang profesi masa depan (iv) bagi perguruan tinggi dapat memberikan dukungan atas terlaksananya kegiatan-kegiatan dan program terkait kependidikan atau profesi keguruan yang dilaksanakan di dalam kampus, (v) bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar memperluas penelitiannya ke variabel-variabel lain yang dapat memengaruhi minat menjadi guru. Kata Kunci: Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri, Minat Menjadi Guru

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:02
Last Modified: 07 Sep 2023 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65000

Actions (login required)

View Item View Item