PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KEBERAGAMAN BUDAYA RUMAH ADAT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

INDRIANI FAUZIYAH, 105060098 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KEBERAGAMAN BUDAYA RUMAH ADAT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
KAFER 2013.doc

Download (35kB)
[img] Text
lembar Pengesahan.doc
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
abstrak.doc

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK INGG SEMUA.doc

Download (29kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.doc
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.doc
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
BAB I (hal 1).doc

Download (25kB)
[img] Text
BAB II (hal 12).doc

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (3MB)
[img] Text
BAB III ,.doc
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB III (hal 43).doc
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV ( hal 67).doc
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV new.doc
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] Text
BAB V (hal 127).doc
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BAB I, II, III.doc

Download (32kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keberagaman Budaya Rumah Adat Pada Pembelajaran Tematik” di kelas IV SDN Legok Jambu, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi keberagaman budaya rumah adat yang dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik yang sebagian besar tidak mencapai nilai KKM. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dari Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada prasiklus peserta didik yang memperoleh nilai tuntas mencapai KKM berjumlah 13 orang atau 46,43% dari 28 peserta didik dan yang memperoleh nilai belum tuntas mencapai KKM berjumlah 15 orang atau 53,57% dari 28 peserta didik. Setelah dilakukan tindakan pada tindakan I siklus I peserta didik yang memperoleh nilai tuntas mencapai KKM berjumlah 18 orang atau 64,28% dari 28 peserta didik dan yang memperoleh nilai belum tuntas mencapai KKM berjumlah 10 orang atau 35,28% dari 28 peserta didik. Pada tindakan II siklus I peserta didik yang memperoleh nilai tuntas mencapai KKM berjumlah 24 orang atau 85,71% dari 28 peserta didik dan yang memperoleh nilai belum tuntas mencapai KKM berjumlah 4 orang atau 14,28% dari 28 peserta didik. Pada siklus II peserta didik yang memperoleh nilai tuntas mencapai KKM berjumlah 28 orang atau 100% dari 28 peserta didik. Hal ini dikarenakan penggunaan model discovery learning sangat mempengaruhi pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep keberagaman budaya rumah adat terbukti berhasil dari nilai hasil belajar peserta didik setiap siklus. Kata Kunci: Model Discovery learning, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Jul 2016 13:36
Last Modified: 27 Jul 2016 13:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6500

Actions (login required)

View Item View Item