PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PADA SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

CANDELA, DEA SINMA, 195060114 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PADA SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan nyata merupakan salah satu cara untuk membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pada realitanya sering kali ditemukan bahwa pembelajaran yang berlangsung tidak melibatkan hal-hal yang dekat dengan kehidupan siswa. Hal ini menyebabkan kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran matematika kurang baik. Selain itu, bentuk soal cerita sangat diperlukan dalam menerapkan pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) sangat penting untuk diberikan kepada siswa terutama dalam menyelesaikan soal yang berbentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME dalam meningkatkan kemampuan pemahaman pada soal cerita matematika, siswa dianggap dapat memahami soal cerita matematika apabila ia mampu mengubah suatu bentuk representasi ke bentuk representasi lainnya dan siswa mampu mengubah situasi nyata ke dalam situasi matematika atau dari matematika informal ke dalam matematika formal (matematisasi). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain yang digunakan adalah quasi exsperiment nonequivalent control grup desain. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SDN Pacet 1 Kabupaten Cianjur. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman soal cerita matematika, hal ini dapat dilihat pada perolehan hasil uji effect size sebesar 0,22 maka dapat diartikan bahwa pendekatan RME cukup memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman soal cerita. Selain itu, dapat dilihat dari hasil N-gain score pada kelas eskperimen diperoleh sebesar 0,6516 berada tingkat sedang dan hasil uji Mann Whitney sebesar 0.000 dapat diartikan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara pemahaman kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil angket diperoleh respon positif terhadap pendekatan RME, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menemukakan pendapatnya. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:12
Last Modified: 05 Sep 2023 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64951

Actions (login required)

View Item View Item