KAMPANYE KOMUNIKASI TENTANG SAMPAH MAKANAN MELALUI INSTAGRAM @GREENERATIONID (Studi Deskriptif Kualitiatif Perencanaan Kampanye Komunikasi Sampah Makanan Melalui Instagram @greenerationid)

Nabilah, Kamiliya (2023) KAMPANYE KOMUNIKASI TENTANG SAMPAH MAKANAN MELALUI INSTAGRAM @GREENERATIONID (Studi Deskriptif Kualitiatif Perencanaan Kampanye Komunikasi Sampah Makanan Melalui Instagram @greenerationid). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
3. Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 2.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Kata Pengantar.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Daftar Isi.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kampanye Komunikasi Tentang Sampah Makanan Melalui Instagram @greenerationid.” Greeneration Foundation adalah lembaga swadaya masyarakat (LSM) lingkungan yang berfokus pada isu konsumsi dan produksi di Indonesia. Kegiatan dari yayasan ini memiliki program kegiatan strategic engagement, education, dan community empowerment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kampanye komunikasi tentang sampah makanan melalui Instagram @greenerationid. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Model Ostegaard untuk melihat berdasarkan analisis komunikasi yang mempunyai beberapa aspek yaitu, khalayak, pesan, dan saluran karena termasuk untuk membahas campaign. Peneliti juga menggunakan metode teori persuasif untuk melihat bagaimana pesan tersebut dapat membujuk individu atau kelompok. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan yaitu menggunakan wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 5 (lima) orang yang terdiri dari 1 (satu) informan kunci, 3 (tiga) informan pendukung, dan 1 (satu) informan akademik. Hasil penelitian ini untuk menganalisis khalayak dan segmentasi target berkampanye di Instagram. Dengan mengetahui detail tersebut maka dapat diketahui pesan yang serius namun di kemas dengan bahasa yang mudah di pahami serta memiliki persuasif agar dapat mengikuti pesan yang di sampaikan. Pada pemilihan saluran yang dilakukan oleh Greeneration Foundation menggunakan Instagram yang memiliki audiens yang aktif dibandingkan dengan penggunaan sosial media lainnya. Kata Kunci: Kampanye komunikasi, Instagram, sampah makanan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:16
Last Modified: 31 Aug 2023 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64876

Actions (login required)

View Item View Item