PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS Semester Genap di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

Puspitasari, Rika Juniar, 195020006 (2023) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS Semester Genap di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana kondisi lingkungan sekolah kelas XI IPS di SMA Angkasa Banndung tahun ajaran 2022/2023, (ii) Bagaimana efektivitas pembelajaran siswa kelas XI IPS di SMA Angkasa Bandung tahun ajaran 2022/2023, (iii) Apakah terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap efektivitas pembelajaran siswa kelas XI IPS di SMA Angkasa Bandung tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket, teknik analisis data menggunakan uji deskriptif, uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan: (i) kondisi lingkungan sekolah peserta didik bertafsiran baik berada pada angka 3,84 dengan persentase 76,8%, (ii) efektivitas pembelajaran peserta didik bertafsiran baik berada pada angka 3,92 dengan persentase 78,3%, (iii) terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap efektivitas pembelajaran dengan tafsiran cukup kuat antar kedua variabel sebesar 53,3% diperoleh dari hasil R sebesar 0,730 kontribusi yang diberikan variabel x dengan R square sebesar 0,533. Peneliti menyampaikan saran kepada pihak terkait: (i) bagi peserta didik diharapkan untuk menjaga kondisi lingkungan sekolah agar tetap bersih dan nyaman. (ii) bagi sekolah diharapkan dapat meningkatkan dan menjaga kondisi lingkungan secara optimal agar dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran peserta didik, (iii) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber atau referensi mengenai lingkungan sekolah dan efektivitas pembelajaran agar hasil penelitian dapat lebih baik lagi. Kata kunci : Lingkungan Sekolah, Efektivitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:39
Last Modified: 30 Aug 2023 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64862

Actions (login required)

View Item View Item