ANALISIS IDENTITAS VISUAL SAMPUL ALBUM “RIMPANG” EFEK RUMAH KACA Hilmy Dzakir Hidayatullah:186010052

Hilmy Dzakir Hidayatullah, Muammar Mochtar,. M.Ds (2023) ANALISIS IDENTITAS VISUAL SAMPUL ALBUM “RIMPANG” EFEK RUMAH KACA Hilmy Dzakir Hidayatullah:186010052. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Desain berfungsi untuk memudahkan sebuah pesan yang asalnya berbentuk karya audio yang dapat dinikmati juga secara visual oleh indra mata kita. visual saat ini sangat diperlukan untuk menyampaikan pesan terhadap implementasi disetiap lagu maupun untuk mempromosikan lagu. Berdasarkan denotasi pada karya yang dilihat, seberapa jauh album “RIMPANG” dengan pesan yang ingin disampaikan, rimpang adalah mengakar (umbi) yang bercabang-cabang seperti jari. Elemen visual yang menjadi sebuah identitas terhadap album yang diluncurkan dan juga pada proses untuk menciptakan karya tersebut dapat menyampaikan suatu pesan menjadi salah satu efektifitas yang perlu dilakukan. Pengaruh gaya visual pada suatu penciptaan suatu karya untuk mengkomunikasikan pesan pada sebuah karya audio direspon dan dijadikan sebuah visual untuk sampul muka album “RIMPANG” yang meliputi dari elemen visual, tipografi, dan layout yang digunakan pada karya tersebut. Dengan gaya desain pada identitas visual dalam album “RIMPANG” Efek Rumah Kaca. Menggunakan pendekatan kualitatif, metode/pendekatan ini merupakan fokus pada pengamatan yang mendalam. Untuk pengumpulan data yang penulis lakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi lapangan, dan studi literatur. Oleh karenanya, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih komprehensif. Dari data yang telah didapatkan diolah dan dianalisis melalui kritik seni Feldman. Berdasarkan metode dan analisis yang telah dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa dalam memvisualisasikan gagasan “mengakar” pada simbolsimbol elemen visual yang dihadirkan sudah menggambarkan gagasan tersebut dan mengkomposisikan bentuk yang sederhana membuat elemen visual menjadi focal point. Kesan pendewasan juga terlihat dari komposisi yang sederhana, dalam hal ini terlihat komposisi yang tidak asing, yakni komposisi yang simetris seperti gaya desain yang cukup dikenal dengan istilah “Swiss Design” menggunakan tata letak yang sudah diatur sebelumnya, akan tetapi pada elemen visual yang digunakan tidak selaras dengan prinsip yang dikatakan oleh Josef Muller-brockmann yang menggunakan elemen desain subjektif, atau rasional. Dalam elemen visual yang digunakan bukanlah satu-satunya album yang pernah diterapkan dalam suatu sampul album musik, dengan metode dan teknik yang berbeda namun menghasilkan visual mirip dengan album musik “Rimpang” ini. Kata Kunci: Promosi, Gaya Visual, Efek Rumah Kaca, Mengakar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2023
Depositing User: mr FISS-Oman -
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:31
Last Modified: 03 Oct 2023 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64857

Actions (login required)

View Item View Item