PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PASCA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Dilakukan Di Kelas 10 IPS Semester Genap SMA Pasundan 8 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022)

FAUZAN, LANANG TSANI (2023) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PASCA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Dilakukan Di Kelas 10 IPS Semester Genap SMA Pasundan 8 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (814kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

pembelajaran tatap muka (PTM) adalah sistem pembelajaran yang membutuhkan pembelajaran langsung atau secara tatap muka antara peserta didik dengan guru. prestasi belajar adalah hasil dari pembelajaran. Prestasi diperoleh dari evaluasi atau penilaian. Setiap anak akan memiliki hasil belajar atau prestasi yang berbeda antara satu dengan yang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (i) Bagaimana deskripsi Pembelajaran tatap muka peserta didik Di Kelas 10 IPS SMA PASUNDAN 8 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. (ii) Bagaimana deskripsi prestasi belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi Di Kelas 10 IPS SMA PASUNDAN 8 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. (iii) Seberapa Besar Pengaruh Penerapan Pembelajaran tatap muka Di Masa Pasca Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik mata pelajaran Ekonomi Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel berjumlah 65 peserta didi, metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (i) pembelajaran tatap muka SMA Pasundan 8 Bandung kelas X IPS Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 termasuk dalam kriteria sangat baik dengan nilai 86%. (ii) Prestasi Belajar peserta didik mata pelajaran Ekonomi dengan populasi sebanyak 65 orang termasuk dalam kriteria yang baik dengan rata-rata nilai 78,92 (iii) pembelajaran tatap muka berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan kategori lemah yaitu sebesar 10,2% dimana 89,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: i) bagi guru, diharapkan untuk memperhatikan prestasi belajar peserta didik dan mengembangkan metode PTM menjadi lebih baik. ii) bagi peserta didik, diharpakan untuk lebih siap dalam melaksanakan PTM dan memperhatikan prestasi belajar. iii) bagi sekolah, diharapkan untuk memaksimalkan PTM dan membuat PTM lebih efektif lagi. iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk mengkaji lebih mendalam lagi referensi yang berkaitan agar hasil penelitian dapat lebih baik dan lebih mempersiapkan diri dalam proses pengambilan, pengumpulan data serta segala sesuatunya sehingga penelitian dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Aug 2023 07:43
Last Modified: 26 Aug 2023 07:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64821

Actions (login required)

View Item View Item