PENERAPAN INQUIRY-BASED INSTRUCTIONAL MODEL BERBANTUAN VIRTUAL LAB OLABS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

SALSABILA, ADELIA, 195040068 (2023) PENERAPAN INQUIRY-BASED INSTRUCTIONAL MODEL BERBANTUAN VIRTUAL LAB OLABS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kurang optimalnya hasil belajar yang dihasilkan oleh siswa, dikarenakan model pembelajaran kurang mendorong peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan siswa saat penerapan inquiry-based instructional model berbantuan virtual lab OLabs dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi dan mengetahui respon siswa setelah pembelajaran dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan One Group pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah 28 siswa XI MIPA 4. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kognitif (C1, C2, C3, C4) dan non tes (angket). Hasil belajar siswa menunjukkan tingkat N-gain 0,947 (tinggi) dan pada tahap signifikansi α= 0,05. Hasil rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif sebesar 98,16% (tinggi), ranah afektif sebesar 80,86% (sangat baik), dan ranah psikomotor 76,84% (baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada ranah kognitif dalam kategori tinggi, terindikasi dari kemampuan mengajukan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, menggeneralisasi temuan dan menganalisis proses. Hal tersebut didukung dengan adanya hasil respon siswa setelah pelaksanaan pembelajaran dengan nilai sebesar 76,95%(baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa inquiry based instructional model dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Kata kunci : inquiry based instructional model, hasil belajar, sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:27
Last Modified: 25 Aug 2023 02:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64800

Actions (login required)

View Item View Item