PENERAPAN INTEGRATIVE MODEL BERBANTUAN LKS INTERACTIVE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

Nurazizah, Aulia, 195040072 (2023) PENERAPAN INTEGRATIVE MODEL BERBANTUAN LKS INTERACTIVE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemajuan teknologi mempengaruhi pendidikan abad 21 terhadap perkembangan strategi pembelajaran. Salah satunya strategi penggunaan integartive model berbantuan LKS Interactive. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan integrative model dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah preexperimental dengan desain One-Grup Pre-test and Post-test. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen dengan sampel 30 siswa kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Lemahabang Karawang. Instrumen yang digunakan yaitu tes kognitif dan metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kognitif taraf signifikan 0,000 < α 0,05, dan metakognitif signifikan 0,005 < α 0,05 dapat diartikan hasil tersebut menunjukkan model pembelajaran integrative melalui kegiatan mendeskripsikan, membandingkan, menemukan pola, menjelaskan persamaan dan perbedaan, membuat hipotesis, dan menggeneralisasi dengan berbantuan LKS interaktif mampu meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada indikator pengetahuan strategi, pengetahuan kinerja kognitif, dan pengetahuan diri dengan rata-rata persentase 73,3%. Selain itu, respon siswa terhadap penerapan integrative model berbantuan LKS Interactive pada konsep sistem reproduksi sangat baik dengan rata-rata persentase 93,3%. Terkait hasil tersebut efektivitas integrative model berpengaruh terhadap kognitif dan metakognitif dengan hasil yang menunjukkan feedback positif. Kata Kunci: Integrative Model, Interactive, Kognitif, Metakognitif, Sistem Reproduksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:00
Last Modified: 22 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64752

Actions (login required)

View Item View Item