FATAH, ANDRE SYAIFULLAH (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI ANDRE SYAIFULLAH FATAH 185050054.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan model ProblemBased Learning berbantuan Google Classroom memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik; (2) Mengetahui bahwa penerapan model Problem-Based Learning memiliki pengaruh terhadap peningkatan Self-Confidence peserta didik; (3) Mengetahui bahwa terdapat kolerasi antara penerapan model Problem-Based Learning berbantuan Google Classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan SelfConfidence peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control grup design, sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas. Diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model Problem-Based Learning berbantuan Google Classroom dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala kepercayaan diri (Self-Confidence). Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 25.0 for Windows 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Google Classroom tidak lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran model konvensional; (2) kepercayaan diri (Self-Confidence) yang memperoleh model Problem-Based Learning tidak lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat kolerasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan kepercayaan diri (Self-Confidence) peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Google Classroom. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Google Classroom, Pemecahan Masalah Matematis, Kepercayaan Diri (Self-Confidence).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 08:31 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 08:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64748 |
Actions (login required)
View Item |