PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN MATH CROSSWORD PUZZLE

PERMATA, BUNGA PADILLA, 195050053 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN MATH CROSSWORD PUZZLE. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel - PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS MEL.pdf

Download (372kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir logis matematis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, khususnya pada mata pelajaran matematika. Dengan begitu, kemampuan berpikir logis matematis dapat membantu siswa dalam pemahaman yang lebih baik. Self-efficacy siswa dalam matematika juga menunjukkan keyakinan mereka terhadap kemampuan mereka untuk mengatasi tantangan atau hambatan ketika menyelesaikan masalah matematika untuk mencapai pemahaman yang lebih baik. Meskipun demikian, kemampuan berpikir logis matematis dan self-efficacy siswa di Indonesia masih sangat rendah. Model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan Math Crossword Puzzle merupakan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis dan self-efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan berpikir logis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan Math Crossword Puzzle lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) kemampuan self-efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan Math Crossword Puzzle lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 3) korelasi antara kemampuan berpikir logis matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan Math Crossword Puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan subjek siswa kelas VIII SMP Bunga Bangsa dan objeknya adalah penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan Math Crossword Puzzle. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen tes kemampuan berpikir logis matematis diawal (pretest) berbentuk Math Crossword Puzzle, diikuti dengan tes akhir (posttest) dengan pertanyaan yang sama beserta angket mengenai self-efficacy. Data yang dikumpulkan dianalisa dan direfleksi secara deskriptif kuantitatif. Rencana uji hipotesis yang digunakan yaitu uji Independent Sample T-Test, dengan diperoleh kesimpulan: 1) peningkatan kemampuan berpikir logis matematis pada siswa yang memperoleh model pembelajaran penemuan terbimbing berbantua Math Crossword Puzzle lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan Math Crossword Puzzle dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional tidak berbeda secara signifikan; 3) tidak terdapat korelasi antara model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan Math Crossword Puzzle terhadap kemampuan berpikir logis matematis dan self-efficacy siswa SMP. Kata Kunci: Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing berbantuan Math Crossword Puzzle, Kemampuan Berpikir Logis Matematis, Selfefficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Aug 2023 03:16
Last Modified: 19 Aug 2023 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64736

Actions (login required)

View Item View Item