PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CLASSDOJO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP

Oktavian , Ryani, 195050061 (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CLASSDOJO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (831kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pemikiran kritis matematis dan self-efficacy siswa dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, pentingnya pemilihan model yang efektif yang dapat mendukung berkembangnya kedua aspek ini pada siswa. Pembelajaran yang diyakini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut yaitu, problem based learning berbantuan classdojo dikarenakan model ini berbasis pada masalah sehingga dapat mengembangkan dan meningkatkan proses berpikir siswa menjadi kritis. Penelitian ini brtujuan untuk: (1) Melihat apakah penerapan model problem based learning berbantuan classdojo akan memberikan peningkatan yang lebih tinggi atau tidak dalam berpikir kritis matematis dibandingkan model konvensional pada siswa. (2) Melihat apakah model problem based learning berbantuan classdojo akan menghasilkan selfefficacy yang lebih baik atau tidak dibandingkan model konvensional pada siswa. (3) Pada penelitian ini mencoba mengungkapkan ada atau tidaknya hubungan setelah diberikan model problem based learning berbantuan classdojo terhadap kemampuan dalam berpikiran kritis matematis dengan self-efficacy pada siswa. Dalam penelitian, peneliti menerapkan metode eksperimen dengan desain pretest – posttest control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Bandung pada tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-efficacy. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penggunaan model problem based learning berbantuan classdojo memberikan peningkatan yang lebih tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan model konvensional pada siswa. (2) Penggunaan model problem based learning berbantuan classdojo menghasilkan self-efficacy yang lebih baik dibandingkan model konvensional pada siswa. (3) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan self-efficacy yang menggunakan model problem based learning berbantuan classdojo. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Problem Based Learning, Self-Efficacy dan Classdojo.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Aug 2023 03:05
Last Modified: 19 Aug 2023 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64733

Actions (login required)

View Item View Item