Oktavian , Ryani, 195050061 (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CLASSDOJO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Artikel.pdf Download (831kB) | Preview |
Abstract
Pemikiran kritis matematis dan self-efficacy siswa dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, pentingnya pemilihan model yang efektif yang dapat mendukung berkembangnya kedua aspek ini pada siswa. Pembelajaran yang diyakini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut yaitu, problem based learning berbantuan classdojo dikarenakan model ini berbasis pada masalah sehingga dapat mengembangkan dan meningkatkan proses berpikir siswa menjadi kritis. Penelitian ini brtujuan untuk: (1) Melihat apakah penerapan model problem based learning berbantuan classdojo akan memberikan peningkatan yang lebih tinggi atau tidak dalam berpikir kritis matematis dibandingkan model konvensional pada siswa. (2) Melihat apakah model problem based learning berbantuan classdojo akan menghasilkan selfefficacy yang lebih baik atau tidak dibandingkan model konvensional pada siswa. (3) Pada penelitian ini mencoba mengungkapkan ada atau tidaknya hubungan setelah diberikan model problem based learning berbantuan classdojo terhadap kemampuan dalam berpikiran kritis matematis dengan self-efficacy pada siswa. Dalam penelitian, peneliti menerapkan metode eksperimen dengan desain pretest – posttest control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Bandung pada tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-efficacy. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penggunaan model problem based learning berbantuan classdojo memberikan peningkatan yang lebih tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan model konvensional pada siswa. (2) Penggunaan model problem based learning berbantuan classdojo menghasilkan self-efficacy yang lebih baik dibandingkan model konvensional pada siswa. (3) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan self-efficacy yang menggunakan model problem based learning berbantuan classdojo. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Problem Based Learning, Self-Efficacy dan Classdojo.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 03:05 |
Last Modified: | 19 Aug 2023 03:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64733 |
Actions (login required)
View Item |