PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA

BALQIS, NABILA PUTRI, 195050004 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan untuk menyudahi masalah matematika dan self-efficacy ialah faktor terpenting bagi para siswa. Namun, kenyataannya menunjukkan bahwasanya kemampuan untuk penyelesaian masalah dan self-efficacy siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan. Pertama, tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi apakah kemampuan menyelesaikan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang menerima model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang menerima model pembelajaran konvensional. Kedua, tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah self-efficacy siswa yang menerima model pembelajaran discovery learning dengan bantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang menerima pembelajaran konvensional. Ketiga, tujuan penelitian ini ialah untuk menguji adanya hubungan positif antara kemampuan menyelesaikan masalah matematis serta self-efficacy siswa yang menerima model pembelajaran discovery learning dengan bantuan video pembelajaran. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen, dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa-siswi kelas X SMK Negeri 4 Bandung pada tahun ajaran 2022/2023. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel penelitian dengan jumlah total 70 siswa, terdiri dari 35 siswa kelas X TJKT 1 sebagai kelompok eksperimen yang menerima perlakuan memakai model pembelajaran discovery learning berbantuan video pembelajaran, dan 35 siswa kelas X PPLG 1 sebagai kelompok kontrol yang menerima perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang dipakai terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis serta angket self-efficacy. Data yang terkumpul akan diolah menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 26 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada yang memperoleh model pembelajaran konvensional, dan 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan video pembelajaran. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-efficacy, Model Pembelajaran Discovery learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:19
Last Modified: 18 Aug 2023 02:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64717

Actions (login required)

View Item View Item