PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 123 BABAKAN PRIANGAN DI KOTA BANDUNG

RACHMIN, SARAH SALSABILLA, 195060070 (2023) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 123 BABAKAN PRIANGAN DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran menyebabkan peserta didik kurang antusias dalam memperhatikan pembelajaran yang dibuktikan dengan rendah nya hasil belajar matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan hasil belajar matematika antara kelas konvensional dengan kelas yang diberikan perlakuan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SDN 123 Babakan Priangan yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 48 peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah menggunakan tes dan observasi. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masing-masing kelas sampel penelitian dengan soal yang sama. Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis data dan menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji Independent Samples Test dengan bantuan aplikasi SPSS 26, didapat hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dilakukan pula uji effect size didapati hasil sebesar 1,80 dengan interpretasi dalam kategori kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dari peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Tipe Make A Match, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 04:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64679

Actions (login required)

View Item View Item