AMANDA, NURUL RACHMAWATI, 195050050 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
Artikel Skripsi Nurul R(195050050).pdf Download (387kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan dasar matematika bisa dikelompokkan menjadi lima jenis, salah satu kemampuan yang perlu oleh siswa punya ialah kemampuan komunikasi matematis. Selain itu, kepercayaan diri yaitu sikap yang perlu siswa miliki supaya mampu menggapai hasil terbaik dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis serta self-confidence siswa di Indonesia masih rendah. Alternatif pembelajaran yang bisa digunakan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta self-confidence salah satunya yaitu model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan GeoGebra. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model CTL berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) pencapaian self-confidence siswa yang memperoleh model CTL berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 3) terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan self-confidence siswa yang memperoleh model CTL berbantuan GeoGebra. Metode penelitian menggunakan quasi experimental design dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMPN 2 Tanjungkerta Sumedang dengan sampel penelitian kelas VIII-C menjadi kelas eksperimen serta kelas VIII-A menjadi kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk pertanyaan uraian serta instrumen non tes berupa angket self-confidence. Data yang terhimpun dihitung memakai software SPSS 23 for windows. Berlandaskan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model CTL berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) pencapaian self-confidence siswa yang memperoleh model CTL berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model CTLberbantuan GeoGebra. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence, Contextual Teaching and Learning, GeoGebra
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Aug 2023 04:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2023 04:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64668 |
Actions (login required)
View Item |