PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA SISWA SMP

AMANDA, NURUL RACHMAWATI, 195050050 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi Nurul R(195050050).pdf

Download (387kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan dasar matematika bisa dikelompokkan menjadi lima jenis, salah satu kemampuan yang perlu oleh siswa punya ialah kemampuan komunikasi matematis. Selain itu, kepercayaan diri yaitu sikap yang perlu siswa miliki supaya mampu menggapai hasil terbaik dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis serta self-confidence siswa di Indonesia masih rendah. Alternatif pembelajaran yang bisa digunakan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta self-confidence salah satunya yaitu model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan GeoGebra. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model CTL berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) pencapaian self-confidence siswa yang memperoleh model CTL berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 3) terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan self-confidence siswa yang memperoleh model CTL berbantuan GeoGebra. Metode penelitian menggunakan quasi experimental design dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMPN 2 Tanjungkerta Sumedang dengan sampel penelitian kelas VIII-C menjadi kelas eksperimen serta kelas VIII-A menjadi kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk pertanyaan uraian serta instrumen non tes berupa angket self-confidence. Data yang terhimpun dihitung memakai software SPSS 23 for windows. Berlandaskan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model CTL berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) pencapaian self-confidence siswa yang memperoleh model CTL berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model CTLberbantuan GeoGebra. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence, Contextual Teaching and Learning, GeoGebra

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Aug 2023 04:37
Last Modified: 12 Aug 2023 04:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64668

Actions (login required)

View Item View Item