PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA SISWA SMA

SHIBGHYANIDA,SEKAR DINY, 195050042 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL SEKAR.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah hal yang perlu dimiliki oleh siswa agar siswa dapat menggunakan kegiatan matematik untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, Self-efficacy juga sama pentingnya karena dibutuhkan bagi siswa dalam pemecahan masalah matematis sehingga bisa mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-efficacy belum sepenuhnya dikuasai oleh para siswa. Alternatif yang dapat digunakan dari permasalahan tersebut yakni dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Quizizz. Tujuan diadakannya penelitian ini yakni untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) Self-efficacy siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 3) terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan Self-efficacy siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Quizizziz. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Angkasa Lanud Sulaiman tahun pelajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini yaitu yang menjadi kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan model Problem Based Learning adalah kelas XI IPA 1 dan yang menjadi kelas kontrol atau kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah XI IPA 2. Instrumen yang dipakai adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal uraian dan instrumen non tes berupa angket Selfefficacy. Data yang terhimpun selanjutnya diproses memakai software SPSS Statistic 26.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Selfefficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan Self-efficacy siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Quizizziz. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-efficacy, Problem Based Learning, Quizizz

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Aug 2023 04:30
Last Modified: 12 Aug 2023 04:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64667

Actions (login required)

View Item View Item