PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PROGRAM ROADMAP OF OUT STANDING EDUCATORS (ROOTS) UNTUK MENCEGAH PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi kasus pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Kota Bandung)

NAVIRA, AMANDA, 195010028 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PROGRAM ROADMAP OF OUT STANDING EDUCATORS (ROOTS) UNTUK MENCEGAH PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi kasus pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam program ROOTS ini mengenai anti perundungan di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kasus perundungan di lingkungan sekolah, yang seharusnya tidak terjadi perundungan, karena sekolah merupakan rumah kedua bagi peserta didik. Peserta didik menganggap sekolah adalah tempat aman dan nyaman, setelah rumah. Pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara dengan kedua informan yaitu Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta peserta didik kelas IX dan angket yang disebarkan kepada peserta didik SMPN 2 Bandung. Pada penelitian ini diketahui bahwa mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan ini untuk menanamkan karakter peserta didik menjadi lebih baik lagi, terlebih mengenai tentang hak asasi manusia. Dengan adanya program ROOTS disekolah menjadikan peserta didik mengetahui lebih mengenai perundungan dan macam-macam perundungan. Kata Kunci: Peran Guru, Program ROOTS, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Perundungan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:52
Last Modified: 10 Aug 2023 06:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64645

Actions (login required)

View Item View Item