PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CANVA

EKAPUTRI, WULANDINI, 195050001 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CANVA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi Wulandini Ekaputri (195050001) (2).pdf

Download (707kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap model Discovery Learning berbantuan Canva lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui self-confidence siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Canvan lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui adanya korelasi antara peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan self-confidence siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Canva; (4) Mengetahui model Discovery Learning berbantuan canva efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan selfconfidence pada siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design, sampel penelitian terdiri atas dua kelas. Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model discovery learning berbantuan Canva dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan instrument berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket self-confidence. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 26.0 for Windows 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan canva lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-Confidence siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Canva lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi antara peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan Self-Confidence pada model Discovery Learning berbantuan Canva; (4) Model Discovery Learning berbantuan canva efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence pada siswa SMP. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-Confidence, Discovery Learning, Canva.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:40
Last Modified: 10 Aug 2023 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64639

Actions (login required)

View Item View Item