PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) BERBANTUAN GEOGEBRA

ICHTIARI, ATINA RAHMAH,195050054 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover_atina.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan skripsi_atina.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman awal_atina.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar penguji_atina.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1_atina.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2_atina.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
bab 3_atina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
bab 4_atina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
bab 5_atina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki dan dikuasai oleh siswa karena dengan memiliki kemampuan tersebut siswa menyadari kepaduan matematika, namun faktanya kemampuan ini belum sepenuhnya dikuasai siswa. Siswa juga harus memiliki self-efficacy yang baik agar siswa dapat mengatur dan melakukan suatu tindakan untuk mencapai tujuan yang akan mereka capai. Namun pada kenyataannya, self-efficacy siswa masih belum optimal. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) berbantuan GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh MPMK berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah self-efficacy siswa yang memperoleh MPMK berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; dan (3) mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh MPMK berbantuan GeoGebra. Metode quasi experiment diterapkan dalam penelitian ini dengan nonequivalent control group sebagai desainnya. Subjek penelitiannya ialah dua kelas di SMA Darul Hikam Bandung. Instrument tes berbentuk uraian mengenai kemampuan koneksi matematis dan instrumen non tes berupa angket mengenai selfefficacy sebagai instrumen penelitian yang dipakai. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh MPMK berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) self-efficacy siswa yang memperoleh MPMK berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; dan (3) terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh MPMK berbantuan GeoGebra. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Self-Efficacy, Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK), GeoGebra

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:41
Last Modified: 09 Aug 2023 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64635

Actions (login required)

View Item View Item