PENERAPAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN MEDIA MANIPULATIF DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

ALMADEA, RAHMA (2023) PENERAPAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN MEDIA MANIPULATIF DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan media manipulatif dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran pengumpulan dan penyajian data di kelas V SDN 180 Prakarsa Nugraha Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan metode Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah siswa kelas V yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol sebanyak 31 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh temuan: hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh nilai-nilai signifikan 0,00 < 0,05 taraf nyata pada pembelajaran matematika materi pengumpulan dan penyajian data kelas V. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan RME dengan media manipulatif lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran RME dengan media manipulatif lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Realistic Mathematic Education (RME), Media Manipulatif, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:09
Last Modified: 08 Aug 2023 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64626

Actions (login required)

View Item View Item