PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME QUIZWHIZZER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 253 PANGGUNGSARI KOTA BANDUNG

Rachmasari, Silty Ayu, 195060125 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME QUIZWHIZZER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 253 PANGGUNGSARI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian mengenai rendahnya hasil belajar siswa pada aspek kognitif kelas V SDN 253 Panggungsari Kota Bandung, hal tersebut dikarenakan selama proses kegiatan belajar mengajar guru hanya sebatas menjelaskan dengan menggunakan papan tulis tanpa menggunakan media lain, sehingga pembelajaran cenderung memnbosankan hal ini membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk menerapkan media game QuizWhizzer terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media game QuizWhizzer dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen, desain Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas VA sebanyak 23 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VB sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang ditetapkan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media game QuizWhizzer. Hal dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 60,78 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 64,17 lalu pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 77,86 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 82,21. Pada hasil uji paired sample t test terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan nilai signifikasi (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, lalu pada hasil uji effect size terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan nilai signifikasi 2,06 > 0,80. Kata Kunci: Game QuizWhizzer, pembelajaran tematik, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:29
Last Modified: 07 Aug 2023 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64612

Actions (login required)

View Item View Item