PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 128 HAURPANCUH (Penelitian Kuantitatif Teknik Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 128 Haurpancuh)

Syanti, Jessy, 195060001 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 128 HAURPANCUH (Penelitian Kuantitatif Teknik Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 128 Haurpancuh). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Leaning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 128 Haur Pancuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental tipe non equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 128 Haur Pancuh. Penelitian ini menggunakan Teknik pureposive sampling, Sampel dalam penelitian ini ialah terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas VA sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Metode pengukuran data pada penelitian ini adalah menggunakan Tes, yang terdiri dari soal pre test dan soal post test. Data perhitungan respon peserta didik dilihat dari lembar angket. Hasil perhitungan menggunakan excel peserta didik yang sangat setuju 64,14%,setuju 25,25%, kurang setuju 1,52%,tidak setuju 7,07%,sangat tidak setuju 2,02. Sedangkan pernyataan soal negative peserta didik yng tidak setuju 0,00%,setuju 2,27%,kurang setuju 8,33%.tidak setuju 40,91% dan sangat tidak setuju 48,49%. Dari hasil Perbedaan dapat dilihat dari hasil uji paired sample t test yang diperoleh nilai t hitung sebesar 13.657> 1.711 dan mempunyai nilai Sig. sebesar 0,001 (Sig. < 0,05) yang berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor hasil belajar peserta didik, Kemudian pada pair 2 yaitu pasangan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung sebesar 7.476 > 1.711 dan mempunyai nilai Sig. sebesar 0.001 (Sig. < 0.05) yang berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor hasil belajar peserta didik kelas. Dari hasil uji descriptive, pre-test eksperimen dengan nilai 50.95 dan post-test eksperimen 82.14 jadi nilai post-test eksperimen lebih besar dari nilai pre-test eksperimen.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh siswa dalam penggunaan model Problem Based Learning di SDN 128 Haur Pancuh. Kata Kunci :Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Aug 2023 07:28
Last Modified: 05 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64574

Actions (login required)

View Item View Item