IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI WUJUD PEMBENTUKAN WARGA NEGARA YANG BAIK (Studi Kasus di Kelas X SMAN 25 Bandung)

GAUTAMI, MIRAZEIN (2023) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI WUJUD PEMBENTUKAN WARGA NEGARA YANG BAIK (Studi Kasus di Kelas X SMAN 25 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Lahirnya Kurikulum Merdeka merupakan sebuah penyelesaian dari permasalahan pendidikam di Indonesia. Dalam proses penerapannya, terdapat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai produk dari Kurikulum Merdeka yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan sistem pendidikan di Indonesia dan dapat mengembangkan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, kendala, dan cara mengatasi kendala implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka sebagai wujud pembentukan warga negara yang baik di SMAN 25 Bandung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru atau tim fasilitator projek dan peserta didik kelas X. Hasil penelitian menunjukan: (1) Perencanaan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka di SMA Negeri 25 Bandung telah terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, melalui kegiatan projek peserta didik kelas telah menunjukan karakter sesuai nilai-nilai Pancasila khususnya pada nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, dan Kerakyatan Yang dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. (2) Kendala yang dihadapi saat kegiatan projek berlangsung diantaranya anggota kelompok yang susah diatur untuk diajak berdo’a bersama, tingginya sikap egosentrisme pada peserta didik, dan sulitnya anggota kelompok untuk diajak musyawarah (3) Dalam mengatasi kendala yang terjadi yaitu melalui cara mengingatkan dan mengajak anggota kelompok untuk melaksanakan ibadah, berdiskusi melakukan evaluasi saling mengingatkan dan saling memaafkan terhadap anggota kelompok yang bersikap egois, dan terus mengajak anggota kelompok untuk mengikuti kegiatan diskusi atau musyawarah. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Warga Negara Yang Baik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:10
Last Modified: 02 Aug 2023 08:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64520

Actions (login required)

View Item View Item