PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 149 CIGADUNG

AFIFAH, SA’ADAH, 195060039 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 149 CIGADUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Keberhasilan belajar di lihat dari aktif atau tidaknya siswa, akan tetapi kebanyakan siswa kurang fokus dalam belajar, di mana media yang digunakan guru hanya terfokus pada teks saja. Tujuan dari penelitian ini, 1) Mengetahui penggunaan media pembelajaran PowerPoint dalam pembelajaran kelas V di SDN 149 Cigadung Kota Bandung. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 149 Cigadung Kota Bandung. 3) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa Kelas V di SDN 149 Cigadung setelah menggunakan media pembelajaran PowerPoint. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 149 Cigadung Kota Bandung dengan sampel yaitu penggunaan media pembelajaran PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 149 Cigadung Kota Bandung. Sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas V B sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa media pembelajaran PowerPoint dan kelas V C sebagai kelas kontrol sebagai kelas yang tidak di berikan perlakuan media pembelajaran PowerPoint. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner angket respon siswa sebagai pretest dan angket motivasi belajar siswa posttest serta dokumentasi hasil kegiatan penelitian. Data yang terkumpul di olah menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 25.0. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Penggunaan media PowerPoint dalam pembelajaran memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 79,90 dan nilai posttest sebesar 81,90. 2) Hasil dari penelitian penggunaan media pembelajaran PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa di kelas V terdapat pengaruh di bandingkan dengan kelas yang tidak di berikan perlakuan dilihat dari hasil uji hipotesis signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan media powerpoint terhadap motivasi belajar siswa. 3) Hasil dari penelitian peningkatan motivasi belajar menggunakan media pembelajaran PowerPoint cukup efektif dilihat dari uji N-Gain yaitu sebesar 58,4% termasuk ke dalam kategori cukup efektif dan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Penggunaan media pembelajaran PowerPoint, Motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:26
Last Modified: 01 Aug 2023 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64487

Actions (login required)

View Item View Item