PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Eksperimen Semu di kelas VIII SMPN 1 Lembang)

Salsabila, Alifiya, 195010032 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Eksperimen Semu di kelas VIII SMPN 1 Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali pembaharuan dalam media pembelajaran. Salah satunya wordwall yang merupakan media pembelajaran yang digunakan sebagai evaluasi pembelajaran berbasis internet dengan berbagai macam pilihan game didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran wordwall berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu. Sampel penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VIII C dan kelas VIII D. Pada pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan wawancara dan hasil pretest dan posttest sebagai data pendukung. Peneliti memproses hasil data yang dianalisis degan analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linear sederhana dan juga uji hipotesis. Hasil dari uji analisis tersebut menunjukan bahwa pada saat menggunakan media wordwall peserta didik memiliki respon terhadap motivasi belajar yang sangat baik. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t menunjukan bahwa nilai t hitung = 7,847 > 2,042 maka dapat diketahui bahwa media pembelajaran wordwall berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dan dengan hasil nilai R square 67,2% yang berarti bahwa media pembelajaran wordwall mempengaruhi motivasi belajar peserta didik sebesar 67,2% pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kata Kunci : Media Pembelajaran Wordwall, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:19
Last Modified: 31 Jul 2023 08:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64461

Actions (login required)

View Item View Item