PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TAPAK SUCI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK (Studi Survey di SMA Muhammadiyah 4 Bandung)

Aprilia, Lia, 195010016 (2023) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TAPAK SUCI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK (Studi Survey di SMA Muhammadiyah 4 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya Ekstrakulikuler Tapak Suci dalam meningkatkan karakter disiplin peserta Didik. Ekstrakulikuler Tapak Suci merupakan perguruan seni bela diri Indonesia yang berstatus organisasi otonom Muhammadiyah yang dalam pembelajarannya dapat membentuk karakter siswa. Karakter yang diajarkan terlihat dari kesimpulan arti lambang bahwa karakter yang diajarkan yaitu: percaya diri, jujur, disiplin, peduli, toleransi, tanggung jawab dan kerendahan hati. Karakter disiplin merupakan sikap yang ditunjukan dengan menghargai waktu, patuh pada aturan dan ketentuan, serta konsisten terhadap yang dipelajari sehingga dapat menghasilkan sesuatu. Adapun latar belakang penulis melakukan penelitian ini akibat rendahnya kedisiplinan siswa maka diperlukannya pembiasaan penguatan karakter melalui lingkungan pendidikan salah satunya kegiatan ekstrakulikuler tapak suci. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi survey dengan pendekatan Kuantitatif. Variabel independennya yaitu kegiatan ekstrakurikuler tapak suci dan variabel dependennya karakter disiplin peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teknik purposive sampling metode penentuan dari sampling jenuh atau sering disebut juga sensus dimana seluruh anggota ekstrakulikuler tapak suci dijadikan sampel sebanyak 40 peserta didik. Pengumpulan data ini menggunakan Teknik kuisioner dengan skala likert dan wawancara bebas terpimpin. Untuk pengolahan data kuisioner, peneliti memproses hasil data analisis diantaranya yaitu teknis analisis uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear sederhana, dan yang terakhir uji hipotesis T parsial dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian hipotesis menunjukan nilai t hitung = 7.896 > 2,920 dan taraf signifikan 0,000 < 0,005. Maka variabel kegiatan ekstrakulikuler tapak suci berpengaruh dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik. Dapat disimpulkan bahwasannya 61,1% setuju ekstrakulikuler tapak suci meningkatkan karakter disiplin peserta didik. Kata Kunci : Ekstrakulikuler Tapak Suci, Karakter Disiplin, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:35
Last Modified: 31 Jul 2023 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64452

Actions (login required)

View Item View Item