PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN BUDAYA AKADEMIK TERHADAP RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI KANTOR

HENDRIANI FARIDA, HERMINA (2023) PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN BUDAYA AKADEMIK TERHADAP RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI KANTOR. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
HERMINA HENDRIANI FARIDA_DIM.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah, Sistem Pengendalian Internal dan Budaya Akademik Terhadap Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) serta Implikasinya Terhadap Kinerja Keuangan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kantor Cabang Dinas (KCD) Dinas Pendidikan Wilayah VII. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan di wilayah Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebesar 366 responden dengan menggunakan teknik penentuan sampel proportionale cluster random sampling. Untuk menjawab masalah penelitian dan pengujian hipotesis penelitian maka digunakan teknik SEM. Metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan populasi sebanyak 4279 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Kepala Sekolah pada kategori cukup kompeten, Sistem Pengendalian Internal berada pada kategori cukup efektif, Budaya Akademik berada pada kategori Cukup baik, Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah berada pada kategori cukup baik menuju baik dan Kinerja Keuangan Sekolah berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi Kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap Rencana kegiatan dan keuangan sekolah sebesar 26,81 persen 2) Sistem Pengandalian Internal memiliki pengaruh terhadap Rencana kegiatan dan keuangan sekolah sebesar 24,99 persen 3) Budaya Akademik memiliki pengaruh terhadap Rencana kegiatan dan keuangan sekolah sebesar 21,49 persen, sehingga pengaruh totalnya 73,29 persen. Hasil pengujian menunjukkan koefisien determinasi sebesar 73,29 persen dan Py 26,71 persen. Nilai Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah menunjukkan koefisien determinasi sebesar 87,32 persen dan Py 12,68 persen, dari variabel Kinerja Keuangan Kata kunci : Kompetensi Kepala Sekolah, Sistem Pengendalian Internal, Budaya Akademik, Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, Kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:38
Last Modified: 31 Jul 2023 02:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64441

Actions (login required)

View Item View Item