PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE FORM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Teknik Eksperimen Pada Subtema Manusia dan Lingkungan Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 128 Haur Pancuh )

SITRI, 195060003 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE FORM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Teknik Eksperimen Pada Subtema Manusia dan Lingkungan Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 128 Haur Pancuh ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SITRI.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pemilihan model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu perkembangan ilmu pengetahuan teknologi saat ini berkembang sangat cepat sehingga bisa mempermudah dalam membuat media pembelajaran berbasis aplikasi online. Salah satu model yang bisa membantu proses pembelajaran adalah Discovery Learning, salah satu aplikasi berbasis online yang dapat membuat media pembelajaran yaitu Google Form. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Google Forms terhadap peningkatan hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan berbantuan Google Forms terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu kuasi eksperimen design yang berbentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan Teknik pureposive sampling, Sampel dalam penelitian ini ialah 20 siswa dari kelas V-C sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas V-D sebagai kelas kontrol. Maka jumlah keseluruhan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 40 siswa kelas V SDN 128 Haur Pancuh. Metode pengukuran data pada penelitian ini adalah menggunakan tes, yang terdiri dari soal pre test dan soal post test. Data perhitungan respon peserta didik dilihat dari lembar angket. Hasil perhitungan menggunakan excel peserta didik yang sangat setuju 64,14%,setuju 25,25%, kurang setuju 1,52%,tidak setuju 7,07%,sangat tidak setuju 2,02. Sedangkan pernyataan soal negatif peserta didik yang tidak setuju 0,00%,setuju 2,27%,kurang setuju 8,33%.tidak setuju 40,91% dan sangat tidak setuju 48,49%. Dari hasil uji paired simple t-test 0,001 pada pair 1 diperoleh t hitung sebesar 21.059,sedangkan pair 2 16.709,sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan yang dimana kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Dari hasil uji descriptif,pre-test eksperimen dengan nilai 50.00 dan post-test eksperimen 81.75 jadi nilai post-test eksperimen lebih besar dari nilai pre-test eksperimen.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh siswa dalam penggunaan model discovery learning di SDN 128 Haur Pancuh. Kata Kunci : Discovery Learning, Google Form.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:07
Last Modified: 29 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64436

Actions (login required)

View Item View Item